Rabu, 06 Februari 2019

Biaya-biaya yang Perlu Diperhitungkan Saat Memiliki Mobil

Setiap orang tentu ingin memiliki mobil pribadi di rumahnya. Memiliki mobil pribadi sangatlah membantu karena mobil merupakan jenis transportasi yang sangat nyaman dan bisa membantu Anda untuk bepergian kemanapun secara nyaman. Meskipun demikian, harga mobil tidaklah murah dan juga ada berbagai biaya yang perlu diperhitungkan saat Anda memiliki mobil. Biaya apa sajakah itu? Berikut ini biaya-biaya yang perlu diperhitungkan saat Anda memiliki mobil :


Biaya perawatan

Memiliki kendaraan berarti Anda perlu merawat kendaraan tersebut agar memiliki mesin yang terjaga kualitasnya. Karena, mobil yang terawat akan memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi sehingga setiap orang perlu merawat mobil yang dimilikinya. Berbagai biaya perawatan perlu diperhitungkan mulai dari perawatan mesin mobil untuk diservis, biaya perawatan cat mobil hingga modifikasi jika diperlukan. Oleh karena itu, selalu perhitungkan dan persiapkan biaya perawatan mobil agar keuangan Anda tidak jebol ketika memiliki mobil.

Biaya balik nama

Apabila Anda membeli mobil bekas, maka salah satu biaya yang perlu diperhitungkan adalah biaya balik nama kendaraan. Biaya balik nama dibutuhkan untuk mengubah kepemilikan di STNK dari pemilik lama ke pemilik barunya. Anda perlu memperhitungkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk balik nama agar tidak merugikan Anda ketika membeli mobil bekas. Sehingga, mobil bekas yang Anda beli sepenuhnya sah menjadi milik Anda karena telah melalui proses balik nama untuk mengubah status kepemilikannya.

Biaya pajak

Selain biaya balik nama, memiliki kendaraan berarti Anda juga harus membayar pajak kendaraan tersebut. Pajak merupakan salah satu hal yang harus diperhitungkan mengingat pajak untuk kendaraan sangat relatif tergantung jenis kendaraan yang Anda miliki. Usahakan untuk memperhitungkan biaya pajak yang akan dibebankan kepada Anda sebelum membeli mobil. Perhitungkan juga pajak progresif kendaraan apabila Anda telah memiliki kendaraan bermotor lainnya dengan nama yang sama. Karena, pajak progresif akan mengharuskan Anda untuk membayar pajak lebih mahal dibandingkan ketika baru memiliki kendaraan untuk pertama kalinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar