Viral Media

Informasi dan Pengetahuan Viral Media Tersedia disini

Senin, 25 Juni 2018

Cara Mengatasi Alergi Kulit karena Obat

Adakah diantar kalian yang tidak mengetahui apa itu obat? Hampir semua orang sudah mengetahuinya. Obat merupakan salah satu zat dengan bahan dasar kimia. Namun, onat bukanlah sembarangan campuran bahan dasar kimia yang akan membahayakan orang. Justru obat ini berfungsi untuk menyembuhkan seseorang dari penyakit dan juga mengurangi rasa sakit yang sedang ia alami. Ada berbagai macam obat yang sudah dibuat khusus oleh para ahli. Beberapa campuran itu disesuaikan dengan tujuan obat tersebut akan digunakan untuk apa. Dosisnya pun juga sudah diatur dengan tepat agar tidak menimbulkan overdosis yang akan sangat berbahaya. Akan tetapi, tidak semua tubuh manusia bisa menerima obat dengan baik. Dan tidak semua obat bisa berhasil melawan penyakit yang ada di dalam tubuh manusia. Ada juga yang justru timbul masalah baru karena mengkonsumsi suatu obat. Salah satu masalah yang bisa timbul karena konsumsi obat adalah alergi. Adakah diantara kalian yang masih merasa asing dengan masalah yang satu ini? Alergi sudah smenjadi suatu permasalahan yang dikenal oleh masyarakat. Bahkan, ketika berobat ke dokter pun pasti sebelum diberikan obat akan ditanya apakah memiliki alergi terhadap obat atau tidak. Alergi adalah suatu bentuk perlawanan dari sistem imun di dalam tubuh. Karena obat yang masuk tersebut dianggap berbahaya sehingga imun melakukan perlawanan. Dari perlawanan sistem imun itu, akan memunculkan beberapa gejala. Ketika gejala tersebut sudah muncul, anda tidak akan merasa panik ketika sudah mengetahui cara mengobati alergi kulit karena obat.


Oleh karena itu, kali ini akan membahas tentang cara mengatasi alergi kulit yang timbul karena paparan obat kimia. Namun, sebelumnya kita perlu mengetahui beberapa gejalanya terlebih dahulu. Gejala yang pertama yaitu munculnya ruam pada kulit. Memang ini adalah suatu gejala yang bisa terjadi pada semua jenis alergi. Terkadang, kulit sampai bentol-bentol. Apabila bentol-bentol tersebut semakin banyak, maka bagian yang terkena alergi akan terlihat seperti membengkak. Padahal, kenyataannya itu hanyalah sekumpulan bentolan yang muncul karena aleri. Lalu, gejala kedua yang juga biasa terjadi pada masalah alergi adalah gatal-gatal. Rasa gatal ini biasanya muncul bersamaan dengan ruam yang ada di kulit. Ketika sudah merasa gatal, sangat disarankan untuk tidak menggaruknya. Rasa gatal ini bisa anda hilangkan dengan perlahan menggunakan kompresan es dan yang lain sebagainya. Apabila anda tetap menggaruk, bisa timbul luka yang baru. Belum lagi jika tangan dan kuku yang anda gunakan untuk menggaruk itu kotor. Bisa jadi luka pad kulit menjadi sarang pertumbuhan bakteri yang akan semakin merugikan diri anda sendiri. Kemudian, gejala yang selanjutnya adalah demam. Alergi yang sudah disertai demam memang harus dilakukan dengan penanganan dokter agar tidak berkelanjutan lebih parah lagi. Dan gejala yang selanjutnya adalah sesak nafas. Ketika alergi sudah sampai menyebabkan sesak nafas, maka harus cepat dibawa ke rumah sakit maupun puskesmas terdekat agar bisa mendapatkan bantuan yang tepat. Obat yang ada di rumah saja cukup untuk mengatasi gejala yang satu ini. Gejala yang lainnya adalah mata berair. Biasanya, mata berair ini akan timul bersamaan dengan demam pada tubuh kita. Kulit juga bisa berubah menjadi memerah dibandingkan biasanya. Beberapa tanda tersebut memang harus anda ketahui dengan baik agar bisa melakukan tindakan cepat.

Beberapa cara mengatasi alergi kulit karena obat yang bisa digunakan adalah mengingat mencatat nama obat yang menimbulkan alergi pada tubuh anda. Jika memang anda sudah mengetahui memiliki alergi terhadap jenis obat tersebut, maka hindari untuk mengonsumsi obat itu. Jika memang membutuhkan, gantilah dengan obat lain yang juga memiliki yang sama dengan obat tersebut. Karena alergi obat terkadang bisa bersamaan dengan overdosis. Kemudian, temui dokter atau apoteker. Dan ceritakan keluhan yang anda alami. Biasanya, anda akan diberikan obat untuk menghilangkan alergi yang muncul pada tubuh. Tetapi, bukan berarti alergi tidak akan muncul kembali. Alergi bukanlah suatu penyakit yang bisa disembuhkan dengan mudah. Ketika sudah menemui dokter, pasti akan disarankan untuk melakukan tes alergi obat. Jika memang disarankan seperti itu, lebih baik anda melakukannya. Karena itu adalah salah satu cara yang terbaik agar bisa mendapatkan penanganan yang epat. Kemudian, jika anda mengalami sakit dan periksa ke rumah sakit lain lebih baik anda mengatakan bahwa memiliki alergi terhadap suatu jenis obat. Apa tujuannya? Agar pemberian obat bisa tepat dan penyakit yang anda derita bisa sembuh total. Pihak rumah sakit maupun apoteker tidak akan tau jika anda memiliki alergi obat jika anda sendiri pun tidak mengatakan yang sebenarnya. Dan juga selalu menyiapkan obat oles untuk mengurangi ruam dan gatal di kulit ketika alergi muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar