Kamis, 08 Februari 2018

5 Syarat Wajib agar Bisa Cek Tagihan PDAM via Online

Kebutuhan air bersih menjadi salah satu kebutuhan primer tiap manusia, terutama untuk warga kota. Sejauh ini, PDAM telah membantu masyarakat Indonesia dari Sabang-Merauke dalam hal suplai air bersih. Kerennya, sekarang cek tagihan PDAM sudah bisa dilakukan via online. Tapi Anda harus ketahui 5 syarat wajibnya agar bisa cek tagihan tanpa rintangan.


1. Mengenal Situs Penyedia Cek dan Pembayaran Online

PDAM merupakan perusahaan resmi dari pemerintah khusus untuk menyuplai kebutuhan air bersih ke seluruh penjuru Indonesia. Dalam rangka melancarkan misi tersebut, pemerintah pun menggandeng beberapa perusahaan swasta untuk memudahkan masyarakat dalam pendaftaran maupun cek tagihan via online.

Hanya perusahaan yang punya kredibilitas tinggi yang digandeng oleh pemerintah. Rata-rata situs perusahaan tersebut juga menyediakan fitur cek dan pembayaran via online, seperti halnya yang difasilitasi oleh Blibli. Di sana Anda tidak hanya bisa mengecek tagihan, tetapi juga bisa membayar secara langsung.

2. Mengenal PDAM per Daerah
Seperti yang sedikit dibahas tadi, bahwa PDAM melayani kebutuhan air bersih untuk seluruh warga Indonesia. Oleh karena itu, di dalam ID yang tercantum pun menyertakan daerah masing-masing. Dalam pengecekan maupun pembayaran tagihan via online, Anda harus memasukkan PDAM daerah Anda sendiri.

Jangan sampai salah tekan. Soalnya setiap perusahaan yang menyediakan fitur ini biasanya juga akan menampilkan keseluruhan PDAM dari semua daerah. Misalnya Anda berasal dari Sleman, Yogyakarta. Maka, dalam memasukkan nama perusahaan dan wilayah harus lengkap: PDAM Kab. Sleman pada cakupan wilayah DI Yogyakarta.

3. Simpan data ID atau Nomor Pelanggan

Setiap pelanggan PDAM pasti diberikan nomor pelanggan atau bisa juga disebut dengan ID. Tanpa ID, Anda tidak bisa melakukan cek tagihan PDAM via online. Bahkan ketika sebuah perusahaan melakukan perombakan tarif pembayaran, Anda tidak akan mendapatkan info-nya. Soalnya, begitu ID hilang, secara otomatis hubungan Anda dengan PDAM terputus.

4. Mengetahui Cara Termudah dalam Cek Tagihan via Online

Tidak semua perusahaan yang bekerja sama dengan PDAM memiliki jaringan yang lancar di website-nya. Untuk menyiasati server down akibat lonjakan visitor, maka perusahaan pun membuat alternatif lain, misalnya bikin aplikasi. Letak aplikasi tersebut disebar di berbagai toko online yang terkemuka agar mudah dicari oleh pelanggan.

Salah satunya berada di Google Play Store. Kenapa Google Play Store? Soalnya toko ini berada di semua perangkat smartphone yang ditanami oleh sistem operasi Android. Lagi pula, toko online ini juga sangat aman dari serangan virus maupun malware. Dibandingkan mengecek tagihan via website, lebih mudah kalau lewat aplikasi online. Serius.

5. Harus Verifikasi Akun Pribadi

Memang ada perusahaan yang tidak mewajibkan Anda untuk verifikasi akun untuk mengecek tagihan PDAM ini. Namun alangkah baiknya kalau Anda melakukan verifikasi. Apa sulitnya sih melakukan verifikasi? Paling-paling hanya disuruh melampirkan foto KTP, foto diri, memasukkan identitas pribadi, email, dan sebagainya.

Dengan verifikasi akun pribadi, Anda akan memiliki hak akses penuh di website tersebut. Keuntungan lainnya, Anda akan dipercaya oleh perusahaan tempat Anda mengecek tagihan. Berbeda dengan mereka yang tidak melakukan verifikasi. Begitu terindikasi ada perusahaan main curang setelah mereka membayar tagihan, mereka tidak punya payung hukum apa-apa.

Sejauh ini, cara cek tagihan PDAM via online sudah dilakukan banyak orang. Bahkan ke depannya diprediksi lebih dari separuh pelanggan PDAM akan mengecek sekaligus membayar tagihan via online. Baik mereka yang tinggal di pedesaan maupun perkotaan. Untuk itulah, pahami baik-baik syarat wajib di atas kemudian terapkan dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar